Cara Membuat Film Mengunakan Smartphone, langsung bisa !

 Hai langsung gas aja ya

sebelum kalian memulai membuat video atau film ada 3 tahap yang harus kalian lakukan untuk membuat sebuah film mau itu mengunakan smartphone ataupun kamera lainya, yaitu


3 TAHAP PEMBUATAN FILM

by art_of_pboesken


1. KONSEP

picture by pexels from pixabay
by pexels

konsep sangat penting didalam pembuatan film mau itu produksi secara besar ataupun kecil, dan konsep tidak bisa dianggap remeh, film-film sukses disana tidak terlepas dari bagusnya konsep yang mereka buat, jadi jangan diabaikan ya sob.

diantara bentuk dan fungsinya konsep

a. Bentuk konsep dalam film 

yaitu seperti pengembangan ide, penentuan jenis cerita, penentuan filmnya pendek atau panjang,penulisan sekenario, penentuan lokasi, target penonton. dan masih banyak lagi.

b. Diantara fungsi dari konsep 

yaitu film yang kalian buat bisa tersusun, terlihat propesional, dan yang terpenting adalah film yang kalian buat sesuai dengan apa yang kalian harapkan, dan semua itu harus dipikirkan secara matang sebelum sampai tahap produksi.

2. REKAM

Pengambilan gambar bisa mengunakan kamera apa saja, terkhusus dipembahasan kita ini mengunakan hp maka kita akan membahas pengambilan gambar mengunakan camera hp.

dan silahkan kalian merekam sesuai konsep yang kalian buat, dan tidak kalah pentingnya sebelum kalian merekam hendaknya memahami dulu cara pengambilan gambar yang benar, seperti sebagai berikut :

a. Bentuk layar, pilih bentuk pengambilan kalian bentuk Landscape atau portrait

b. Shot, shot ini banyak bentuknya ini adalah bentuk atau ukuran pengambilan gambar jarak dekat atau jauh.

c. Camera Angel atau sudut pengambilan gambar trik ini berfungsi untuk menyampaikan pesan dalam sebuah sudut pandang akan mempengaruhi dalam bentuk situasi dan emosi.

d. Camera Movement atau pergerakan camera dalam pengambilan gambar

e. Sound Recording atau perekaman suara, ini juga harus diperhatikan karena pengaruh besar dalam sebuah film itu ada pada suaranya, pengambilan suara bisa dengan sound recording internal (bawaan camera) atau external (rekam suara tambahan)

f. Lighting atau pencahayaan, nah ini juga yang perlu dalam pembuatan film cahaya, dan tidak heran dikalangan perfilman mereka mengatakan camera yang bagus tak ada artinya tanpa cahaya, "lah gw kan ga ada lighting" buat kalian yang pemula ga usah pusing intinya disini kalian bisa mengkondisikan objek kalian agar bisa singkron dengan cahaya matahari pun bisa kok.


Nah banyak banget ya, ribet amet dah mau buat film, hahah ga wajib harus kalian peraktekan semua sob, setidaknya kalian paham, buat saja sesuai kemampuan dan keadaan kalian jangan memaksakan, jangan sampai mulai nunggu semua itu ada baru mulai, ga gitu sob mulai aja dulu dari yang kita ketahui yang lain nyusul.

nah diataskan dijelasin apa jenis-jenis dari potin a-f dan contoh-contohnya bisa dilihat dibawah ini

a. Landscape dan Portrait
b. Shot
c. Camera Angel
d. Camera Movement
e. Sound Recording
f. Lighting


3. EDITING

Editing gak kalah pentingnya film gak akan jadi kalau gak diedit lagi setelah direkam, dan untuk khusus editing disamrtphone kalian bisa mengunakan aplikasi-aplikasi di bawah ini

1. Kinemaster 

2. Inshot

3.Filmora 

4. vlognow (vn) 

5. Capcut 


sebenarnya masih banyak aplikasi edit video hanya saja ini diantaranya video editing terbaik saat ini, masing-masing aplikasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan, jika kalian bisa menkombinasikannya maka lakukanlah, terus gimana ngeditnya, buat ngedit video penjelasnya cukup rumit jika dituliskan, jadi aku sarankan kalian bisa menonton video2 tutorial diyoutube, proses editing bisa jadi panjang atau pendek tinggal tergantung konsep yang kalian bikin, namun sebelumku tutup artikel ini , berikut hal penting dalam mengedit video.

1. Transisi atau menyatukan video atau transisi antara video sebelum dan sesudahnya harus dengan timing ya tepat, kira-kira transisi yang terlihat seperti natural, karena kadang orang memotong tidak dengan timing ya pas sehinga videonya menjadi seperti melompat kadang telat atau mengulang.

2. Video Sound atau suara yang direkam saat perekaman video nah ini harus dicek lagi, kadang hasilnya kurang puas maka harus diedit lagi seperti menjernihkan suara memperbesar atau memperkecil dan juga penambahan efek khusus, jika hasil rekamanya sudah sesuai dengan diingginkan maka itu sudah cukup.

3. Color Grading atau perwarnaan pada video dan ini termasuk hal yang terpenting juga dalam sebuah video atau film, untuk warna dalam film kalian bisanya disesuaikan dengan emosi objek atau kondisi lokasi, atau juga sesuai dengan keinginan kalian, tapi juga diperhatikan ya warnanya karena jika berlebihan akan terlihat norak, haha, jadi belajar dulu yg benar liat-liat simple film. contoh

4. Visual Effect atau penambahan objek yang berada diluar konteks rekaman, dan ini sesuai kebutuhan aja ga harus ada visual effectnya. contoh

5. Sound Effect atau efek suara tambahan ini juga penting untuk memperjelas situasi didalam video.

6. Backsound atau suara latar

dan masih banyak lagi lainya, akan tetapi yang disebutkan diatas hal-hal yang cukup penting dalam sebuah film. oke terima kasih telah membaca postingan ini.


See u again.


Cara Membuat Film Mengunakan Smartphone, langsung bisa ! Cara Membuat Film Mengunakan Smartphone, langsung bisa ! Reviewed by Zaal on Desember 04, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.